Logo
Loading...

PERWIRA KORPS PELAUT JAJARAN KOARMADA I IKUTI PEMBINAAN DARI ASOPS KASAL

Terbit : Selasa, 24 Oktober 2023
Pukul : 08:26 WIB
Bagikan Berita Ini
PERWIRA KORPS PELAUT JAJARAN KOARMADA I IKUTI PEMBINAAN DARI ASOPS KASAL

PERWIRA KORPS PELAUT JAJARAN KOARMADA I IKUTI PEMBINAAN DARI ASOPS KASAL

TNI AL, Koarmada I, Tanjungpinang, Selasa, 24 Oktober 2023. 

 

 

Dalam upaya membangun sumber daya prajurit TNI AL yang unggul dan profesional, Panglima Komando Armada I, Laksda TNI Achmad Wibisono beserta Perwira Korps Pelaut di Jajaran Koarmada I mengikuti Safari Pembinaan Korps Pelaut dari Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksda TNI Denih Hendrata, bertempat di Gedung Aula Yos Sudarso, Makoarmada I, Tanjungpinang, Senin 23 Oktober 2023. 

Safari Pembinaan Kops Pelaut ini diikuti kurang lebih 140 Perwira Korps Pelaut. Selain itu kegiatan ini juga diikuti perwakilan dari perwira pelaut Jajaran Koarmada I secara Vicon.

Dalam sambutannya, Panglima Komando Armada I mengatakan bahwa Safari Binkorps Pelaut TA. 2023 di Koarmada I pada hakekatnya merupakan bagian dari pembinaan personel sebagai implementasi fungsi komando guna membangun sumber daya manusia yang maju. Untuk itu, Perwira Korps Pelaut yang mengikuti Pembekalan harus tahu tugas dan Fungsi dari Korps Pelaut, agar tugas yang diemban sebagai pengawak Alutsista TNI Angkatan Laut dapat berjalan dengan lancar.

Asops Kasal dalam pembekalannya menyampaikan bahwa pada hakikatnya Perwira Korps Pelaut adalah Perwira yang dipersiapkan sebagai pengawak Alutsista dimana medan tugasnya adalah di laut. Perwira Korps Pelaut adalah prajurit pejuang Sapta Marga yang ditempa sebagai Perwira yang berkarakter, berdharmabakti, dan professional agar mampu menguasai semua aspek Keperwiraan, khususnya kepelautan mulai dari aspek, teknis, taktis, operasi, dan strategis serta memiliki tingkat Kesehatan dan kesamaptaan prajurit Matra Laut.

“Perwira Korps Pelaut harus memiliki postur yang baik agar mampu melaksanakan tugas-tugas yang diemban. Postur Perwira Korps Pelaut yang diinginkan pada dasarnya merupakan postur standar yang harus dimiliki oleh seluruh Prajurit Matra Laut, yaitu Profesional, Modern dan Tangguh sebagai Perwira Korps Pelaut,” Ujarnya.

Setelah melaksanakan Pembekalan, Kaskoarmada I mendampingi Asops Kasal meninjau Alutsista di bawah jajaran Koarmada I yang berada di Tanjung Uban seperti Satkat Koarmada I, Satran Koarmada I, dan Fasharkan Mentigi.

Kegiatan tersebut turut juga dihadiri, Kadisoplatal, Asops Pangkoarmada RI, Asops Kaskogabwilhan I, Kapoksahli Kogabwilhan I, Kas Koarmada I, Kapoksahli Koarmada I, Ka Zona Bakamla Wilayah Barat, Ir Opslat Koarmada I, Sahli C Straops Koarmada I, Asrena, Asops, Aspers, Aspotmar dan Askomlek Pangkoarmada I, Asops Danlantamal IV, Dandenma Koarmada I, Kadisminpers Koarmada I, Wadan Kolat Kormada I, Dandenintel Koarmada I serta pejabat terkait lainnya.